Ticker

6/recent/ticker-posts

AKU DAN HOBI MENULISKU

Pertanyaan yang sering muncul, apakah menulis sekedar hobi? Saya memang dari dulu suka menulis artikel tentang apa saja. artikel yang biasa saya tulis kadang hanya jadi tumpukan di laptop kadang juga dirilis dimedia online atau media cetak. Meskipun artikelnya biasa-biasa saja tapi setidaknya mengasa diri untuk terus menulis.

Nah tentang pertanyaan di atas, sebenarnya sah saja jika dikatakan menulis itu adalah hobi. Kenapa dikatakan menulis merupakan bagian dari hobi karena menulis itu bebas, tidak ada keterpaksaan dan ketentuan yang harus kita tulis selama tulisan itu bernilai positif. Menulis bisa membuat kita lebih percaya diri.

Selain itu menulis juga mengarahkan kita untuk terus membaca, Karena untuk kebutuhan menulis harus seimbang dengan bacaan. Membaca itu tidak mesti terlalu pilih memilih. Yang penting kamu merasa nyaman dengan bahan bacaan. Ketika sudah tercipta satu artikel apa lagi sudah terbit dimedia, ada kepuasan tersendiri bagi kamu. Kamu akan merasa menghargai diri sendiri karena bisa menghasilkan karya. Menulis itu merupakan prestasi yang patut diapresiasi karena tidak semua orang bisa menulis.

Sebagai penulis, kita bisa merasakan manfaatnya sendiri, terutama banyak pengetahuan atau tidak ketinggalan informasi. Kemudian meningkatkan daya minat untuk membaca, selalu terdorong untuk mengetahui isu perkembangan. Dan merasa tidak mau ketinggalan informasi. Kalian yang penulis pasti pernah merasakan hal ini meskipun disibukkan dengan berbagai aktivitas tapi, pasti menyisihkan waktu sedikit untuk membaca atau menulis.

Dengan menulis, kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik, dari pada habiskan waktu untuk buka konten yang kurang manfaatnya, hanya buka instagram dan menjajaki story teman-teman lebih baik coba hal baru dengan menulis. Atau hanya tinggal bermalas-malasan di kamar, sekali-kali coba menulis, tidak perlu memikirkan tulisan itu akan di siarkan kemana, untuk diri sendiri saja dulu. Mau menulis di komputer atau dibuku tidak ada masalah.

Kemudian menulis bukan hanya mendatangkan manfaat untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Saat setelah menulis kemudian dishare ke akun facebook dan disana banyak yang bisa membacanya. Jadi jangan takut untuk menulis.

Kalau orang sering sebut bahwa orang yang menulis cuma menghabiskan waktu tanpa ada penghasilan. Sebenarnya itu kurang tepat karena menulis itu menghasilakn manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. orang yang sering membaca artikel dan buku itu hasil tulisan orang. Karena manfaatnya itu makanya orang ingin membacanya. Kali saja dibaca untuk menambah pengetahuan atau di jadikan referensi untuk kebutuhan lain.

Kemabli lagi soal hobi, justru saya ingin mengatakan bahwa menulis itu candu bagi mereka yang sering menulis. Karena selalu ada dorongan untuk terus menulis ketika kita sudah merasakan manfaatnya tulisan-tulisan sebalumnya. Kenapa ia candu karena akan ada karya tulis lainnya yang tercipta ketika terbisa menulis.

Sebenarnya menulis tidak semua orang hobi, ada yang cenderung hobi membaca tidak hobi menulis begitupun sebaliknya. Ada yang hobi menulis juga hobi membaca karena memang sejatinya sepeti itu. Karena apa yang kita ingin tulis kalau tidak pernah membaca, tapi begitu juga sebaliknya apa yang kita ingin baca kalau tidak ada tulisan. Ini berbicara soal sebab dan akibat, wah akan lebih panjang jika kita bahas asal usul dan sebab akibah nih.

Pada intinya keduanya harus diseimbangkan satu sama lain, untuk menunjang bahan tulisan memang idealnya harus membaca. Jadi hobi menulis menuntut kita untuk hobi membaca juga. Sama halnya dengan saya, jika ingin menulis saya harus banyak membaca dan bukan cuma satu sumber referensi saja. lebih banyak lebih bagus agar tulisan kita berkualitas dan diminati oleh pembaca.

Posting Komentar

0 Komentar